Sabtu, 10 Oktober 2015

Belajar mengolah jiwa

Permasalahan terbesar kehidupan sebenarnya ada dalam diri setiap insan manusia. Tinggal bagaimana, kita mengolahnya saja, mana yang harus dipikirkan serta mana pula yang seharusnya tidak perlu dipikirkan. Dan yang memutuskan serta mengklasifikasikan segala sesuatu yang terjadi sebagai masalah atau tidak, ya diri kita sendiri. Bukankah benar seperti itu.
Namun, ada juga satu hal yang menjadi masalah dan memang semuanya tergantung pada bagaimana jiwa ini mengolahnya, yaitu ego. Entah itu ego pada diri sendiri, kelompok, dll.
Salah satu hal yang saya tidak sukai  adalah ketika kita merasa bisa untuk melakukan segala sesuatu secara sendiri, merasa paling benar pendapatnya sehingga susah untuk menerima masukan dan nasihat dari orang lain. Ya Allah ya Tuhan kami, seandainya kami boleh memohon. Kami mohon jangan berikan kami kecerdasan yang justru akan membuat kami berbangga diri dan ingkar, jangan berikan kami jabatan yang justru akan menjerumuskan kami ke jurang kehancuran, serta jangan berikan kami insan akhwat yang justru akan menjauhkan kami dari Mu ya Rabb, tapi berikanlah segala kasih Sayang Mu kepada kami sebagai Rahmat yang berkah untuk kami y Rabb.
Jadikanlah tunas - tunas muda ini seperti pohon padi, yang smakin banyak isinya maka akan semakin merunduk dan rendah hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar