Minggu, 28 April 2019

IMAGING MOBILE PHONE DALAM KONDISI LAYAR TERKUNCI

IMAGING MOBILE PHONE DALAM KONDISI LAYAR TERKUNCI
Penulis: Joko Purwanto

Imaging atau acquisition adalah proses membuat file Image Forensik dari media komputer seperti hard drive, thumb drive, CDROM, removable hardrive, server dan media lain yang menyimpan data secara elektronik (www.computerservice.com). merupakan proses menSebelum melakukan imaging terhadap mobile phone, mobile phone harus sudah terhubung dengan komputer yang akan digunakan untuk melakukan imaging. Disamping itu juga harus dalam keadaan dapat transfer file bukan hanya mengisi baterai. Pada tutorial ini, imaging dilakukan terhadap iphone 5 yang layarnya terkunci dan komputer yang digunakan untuk melakukan imaging belum di install ITunes. Imaging dilakukan menggunakan aplikasi bernama Magnet Axiom yang dapat anda coba dengan versi Free Trial pada https://www.magnetforensics.com/free-trial/?magnet-product=Magnet%20AXIOM&option=free-trial.

1. Buka aplikasi Magnet Axiom, kemudian isi nomor kasus, isi tempat menyimpan file dan hasil imaging, scan information (optional)
 
2. Pilih sumber bukti digital, yaitu berasal dari MOBILE
 
3. Pilih tipe mobile phone, pada tutorial ini menggunakan IOS
 4. Pilih sumber bukti, jika sudah di akuisisi/imaging maka pilih load evidence. Namun jika belum, maka lakukan imaging terlebih dahulu dengan memilih “ACQUIRE EVIDENCE”
 

5. Jika device masih belum terdeteksi seperti gambar berikut, maka pilih/klik tulisan “UNKNOWN”
6. Pilih “start”
 
7. Tampilan menunjukan gagal/Failed. Hal ini dikarenakan iphone 5 dalam kondisi terkunci, sehingga untuk memaksa membuka kunci, dibutuhkan aplikasi tambahan berupa Itunes untuk di install
 
8. Install I-tunes
Tahap selanjutnya adalah anda install Itunes

Referensi:

#Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar