Sabtu, 27 April 2019

Tutorial Instalasi Deft Linux

Tutorial Instalasi Deft Linux
Penulis: Joko Purwanto

Tulisan ini menyampaikan tutorial cara menginstal Deft Linux. Deft linux adalah open source yang dapat digunakan untuk melakukan proses Digital Forensic. Anda dapat mendownload OS Deft Linux pada website http://www.deftlinux.net/download/
Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat

1. Pilih create a new virtual machine

2. Pilih Installer Disc Image file (Iso)

3. Pilih OS linux, dan versinya other linux. Jumlah bit disesuaikan dengan komputer, jika komputer 64 bit maka pilih kernel yang 64 bit.

4. Lokasi virtual machine di instalasi

5. Masukan ukuran memory disk, yang akan menjalankan operating system deft linux. Sesuaikan dengan RAM komputer anda. Jika RAM 8GB, sebaiknya ukuran memory disk dibuat 4GB.

6. Setelah itu akan muncul tampilan bahwa virtual machine siap dibuat. Jika setuju, pilih finish. Jika masih ada yang ingin di rubah maka pilih Custome Hardware. Karena laptop saya memiliki RAM 8GB, maka RAM virtual machine nya akan saya buat 4GB, sehingga harus saya custome hardware terlebih dahulu.

7. Tampilan Custome Hardware, dan memory telah saya rubah menjadi 4GB

8. Mensetting versi USB menjadi versi 3.0, supaya usb dengan versi tersebut dan versi yang ada dibawahnya dapat terdeteksi oleh VM.

9. Mengatur tampilan dengan ukuran maksimum

10. Jika sudah selesai, maka pilih menu close. Kemudian akan kembali ke tampilan pembuatan virtual machine, jika sudah setuju maka pilih menu finish”.

11. VM sudah jadi dan siap digunakan. Untuk menjalankan, pilih “Play Virtual Machine”

12. Pilih bahasa, kemudian pilih menu “DEFT Linux 8 Live” jika anda ingin menjalankan DEFT dalam keadaan live, artinya deft belum di install. Namun jika anda ingin menjalankan deft dalam keadaan kondisi terinstall, maka pilih menu “Install Deft Linux 8”.

13. Pada buku ini, saya akan menjalankan deft dalam mode yang sudah di install, sehingga akan saya install terlebih dahulu. Pilih menu “install DEFT Linux 8”. Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut, dan pilih bahasa.

14. Tampilan persiapan menginstall Deft. Pilih menu Continue, tanpa perlu melakukan ceklist pada “install third-party software”. Apabila tombol continue tidak muncul, artinya ukuran hardisk anda belum 50 GB. Ubah ukuran hardisk virtual machine menjadi minimal 50 GB
  

15. Tampilan tipe instalasi, kemudian pilih menu “install now”
 

16. Tampilan proses instalasi yang sedang berjalan, tunggu hingga proses copy file sampai 100%.

17. Pilih wilayah/negara anda tinggal

18. Pilih menu “Continue”

19. Masukan nama, nama pendek, nama komputer dan password yang digunakan untuk setiap kali login ke Deft

20. Contoh tampilan setelah diisi, jika sudah diisi kemudian pilih menu “Continue”


21. Proses instalasi sedang berlangsung
 

22. Tampilan setelah selesai proses instlasi. Kemudian pilih menu “Reboot Now”


23. Tampilan setelah restart, terdapat 3 akun untuk login. Jika hendak login dengan akun yang baru saja anda buat, maka pilih nama akun anda dan masukan password yang sebelumnya telah dibuat pada waktu proses instlasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar