Minggu, 28 April 2019

Introduction Mobile Forensic

Introduction Mobile Forensics
Penulis: Joko Purwanto

mobile
Saat ini berbagai tipe smartphone menjadi semakin banyak seperti Apple Iphone, Samsung Galaxy series, BlackBerry, Xiomi, Oppo, Vivo, dan lain sebagainya. Smartphone menjadi perangkat elektronik yang hampir dimiliki dan digunakan oleh seluruh orang. Bahkan berdasarkan situs https://id.techinasia.com, indonesia diproyeksi lampaui 100 juta pengguna smartphone di Tahun 2018, dan indonesia akan menjadi pengguna terbesar dengan peringkat keempat didunia. Masyarakat menggunakan smartphone untuk berbagai kebutuhan, seperti untuk mendukung pekerjaan, telepon, browsing internet, kirim terima e-mail, mengambil foto, memesan makanan, berbelanja, memesan transportasi online dan sebagainya. Namun seiring meningkatnya jumlah pengguna smartphone dan meningkatnya berbagai fitur yang disediakan oleh penyedia smartphone, maka meningkatkan pula berbagai tindak kejahatan atau tindakan kriminal di dunia. Misalnya kejahatan yang sudah lama terjadi adalah pengeboman Time Square, New York di Tahun 2010. Jika di indonesia misalnya kejahataan penyebarluasan berita bohong/ujaran kebencian, penipuan, dll.
Oleh karena itu, penting sekali bagi aparat penegak hukum untuk bisa mengambil bukti digital dari smartphone milik para pelaku kejahatan. Karena disitulah semua riwayat panggilan, kirim terima pesan, foto, video, akun e-mail, dan aktivitas media sosial di simpan. Metode/cara/keilmuan untuk menemukan dan mendapatkan bukti digital dari mobile phone disebut mobile forensics. Dikarenakan sedikitnya tulisan/referensi terkait mobile forensics yang ada di indonesia dan mahalnya biaya apabila mengikuti kursus terkait Digital Forensics. Maka pada buku ini dituangkan cara atau praktik untuk belajar mobile forensics secara otodidak menggunakan tools mobile forensics yang open source. Segala tutorial terkait mobile forensics tidak bisa dituangkan seluruhnya dalam buku ini, namun pembaca bisa mencoba sendiri dengan tools yang sudah diberikan pada buku ini, atau dapat dengan membeli sendiri tools mobile forensics yang berlisensi. Buku ini semata-mata hanya untuk tujuan pendidikan atau media pembelajaran.
Bukti Digital adalah data dan informasi yang disimpan, diterima atau dikirimkan melalui perangkat elektronik yang digunakan untuk tujuan investigasi. Bukti digital meliputi setiap dan semua data digital yang dapat digunakan sebagai bukti dalam suatu kasus [1].


Referensi:
[1] Practical Mobile Forensics, Satish Bommisetty,Heather Mahalik
Referensi Gambar:
https://forensikadigitalstudy.wordpress.com/digital-forensic/mobile-forensic/

#Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar