Senin, 01 Juni 2015

Kelalaian yang Melenakan

Generasi muda adalah generasi yang penuh makna, penuh pilihan, harapan, tantangan serta angan-angan. Dipundak generasi mudalah estafet kepemimpinan diteruskan. Namun apa jadinya, ketika generasi muda ini terus menerus dalam keadaan dan kelalaian. Hal ini akan menjadi ancaman dan bahaya terhadap bangsa, kehidupan masyarakat, dan ummat islam. Ada beberapa bentuk kelalaian generasi muda saat ini yaitu1. Mengolok - olok ulama dan juru dakwah
Padahal suatu kaum dan suatu bangsa tidak akan pernah bersih dan ternteram jikalau para ulama dan juru dakwahnya tidak hargai serta dimuliakan.
2. Menjauhi masjid dan pengajian
Bagaimana para pemuda dapat merasakan nikmatnya iman islam jikalau mereka lebih sering mengunjungi kafe-kafe, mol, trotoar - troar jalan, club-club, hanya untuk menhabiskan waktunya untuk bersendau gurau. Padahal sarana-sarana hidayah didalam islam adalah masjid, Pengajian, dzikir dan do'a.
3. Berlebihan dalam bermain dan berolahraga
Para pemuda banyak menhabiskan waktunya untuk mencari dan mendengarkan berita-berita berbagai olahraga dan berbagai kompetisi olahraga. justru mereka tidak peduli dengan olahraga yang dianjurkan oleh Islam yaitu memanah dan berkuda.
4. Memakai pakaian pendek
Batas aurat seorang muslim dan muslimah tentu sudah sangat jelas, namun tetap saja mereka mengabaikannya.
5. Memajang gambar-gambar
gambar -gambar/foto tentu tidak berlarang karena mengandung nilai seni, namun akan terlarang ketika gambar - gambar tersebut memamerkan aurat.
6. Menjadi Penonton yang fanatik
Banyak generasi muda yang sedih bahkan menangis ketika club kesayangannya kalah, atau sedih dan menangis ketika menonton drama asia.  dan ketika club kesayangan nya menang, mereka sangat mengagung agungkan. Rasulullah SAW bersabda ; "sesungguhnya ada dua tangisan yang oleh karenanya diharamkan dia masuk neraka, yang pertama menangis karena takut kepada Allah SWT, yang kedua menangis karena berjihad di jalan Allah SWT.
7. Mengidolakan non muslim
Generasi muda tentu kenal dengan berbagai tokoh anime, dan super hero, penulis barat, penyayi barat tapi kenalkah anda dengan para para khalifah, sahabat - sahabat rasul. mungkin hanya sebagian saja yang mengenalnya. Ketika bepergian ke luar negeri, misalnya ke jepang dan sepulang dari sana kebanyakan mereka ahli bercerita mengenai keindahan kotanya, kedisiplinannya, kejujurannya, seperti ibarat menceritakan tentang Abu Bakar Ash- Shiddiq dan Umar bin khatab.
8. Gila mode
Generasi muda terus mencari-cari pakain trand terbaru, dengan ambisius yang besar untuk membeli da memilikinya. Padahal seorang Yahudi, Harry Ford \mengatakan, " untuk mencapai cita - cita dan tujuan, Yahudi telah menguasai 3 perkara salah satunya adalah pakaian".
Sahabat muslim indonesia....... marilah kita saling mengingatkan, supaya terhindar dari segala kelalaian yang terus menerus. Pantaskanlah generasi muda ini sebagai generasi yang memang siap memimpin bangsa ini :)
ini merupakan lanjutan dari buku yang saya baca, dengan judul "Selagi masih muda", karya Dr. a'idh al-Qarni, M.A.
Sampai ketemu di halaman selanjutnya...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar