Sabtu, 23 Mei 2015

Pilih silaturahmi apa pilih juara??

Alhamdulilah, pertandingan demi pertandingan telah dilewati dalam rangkain kegiatan pada Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan ( OPTK) di Sekolah Tinggi Perikanan. Sebuah Olimpiade yang diikuti oleh para calon pemimpin bangsa dari berbagai perguruan Tinggi Kedinasan di seluruh Indonesia baik yang namanya taruna ataupun mahasiswa, mungkin ini kedengarannya hal yang biasa bagi kami para mahasiswa kedinasan tapi bisa jadi ini hal yang luar biasa mengesankan bagi masyarakat yang belum mengetahui tentang sekolah kedinasan. Setiap sekolah kedinasan tentunya mempunyai ciri khas tersendiri, mulai dari SDM nya, atribut pakaian yang dikenakan, tradisi corps, dan masih banyak lainnya. Semua itu berkumpul menjadi satu dalam ajang yang bergengsi ini, hanya untuk satu tujuan yaitu Meraih kemengan dan gelar juara,....... Luar biasa bukan???
Namun, hal itu akan menjadi luar biasa jika tujuan tersebut dinomor 2 kan saja.
Lalu, apa yang akan menjadi tujuan utama dalam acara yang sangat bergengsi dan sebesar ini jika tujuan utamanya bukanlah meraih kemenangan????
"menjalin dan meningkatkan tali silaturahmi", itulah yang seharusnya menjadi tujuan utama dari sekian banyak tujuan  dalam Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan ini. Sangat disayangkan ketika, pertemuan antar PTK dimana berisi SDM  yg berasal dari berbagai daerah diseluruh indonesia, hanya untuk beradu kekuatan fisik, beradu emosi, merasa PTK nya lah yang paling hebat, dll. Segala usaha, kerja keras, dana besar yang sudah dikeluarkan  akan hanya dinilai duniawi saja. Jikalau mendapatkan kemenangan, itu hanyalah kemenangan yang sesaat saja bukanlah kemenangan yang sebenarnya.
Karena kemenangan yang sesungguhnya, diraih melalui jalinan tali silaturahmi yang tetap terjaga. Coba anda bayangkan, menjalin tali silaturahmi adalah tujuan utamanya, antar PTK saling mensupport semua tim( bukan hanya tim nya sendiri saja), saling sapa dengan semuanya(bukan hanya teman yg sudah kenal saja), saling berkenalan dengan yang belum kenal, saling bertukar ide, pikiran,gagasan hingga pengalaman.
Sangat indah sekali bukan........ :-)
Tujuan utama kita diciptakan sebenarnya adalah menjadi khalifah dibumi,bukan menjadi penguasa dibumi. Marilah kita rubah mindset kita ke arah yang lebih baik, Allah SWT telah memberikan kesempatan kepada kita yaitu dengan bersekolah atau kuliah di sekolah kedinasan. Mari manfaatkan kesempatan ini untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur, bangsa yang maju dan bersatu melalui jalinan tali silaturahmi diantara kita. Begitu juga untuk semua mahasiswa diseluruh universitas/ perguruan tingi di indonesia. Bukankah disemua agama menganggap baik, jika menjalin dan menjaga silaturahmi diantara sesama ummat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar